Agama Laris Manis di Tahun Politik

Agama adalah keyakinan religius setiap manusia. Tidak ada paksaan dan tidak ada tuntutan dari siapapun soal agama yang dianut. Namun, celaka bila agama yang seharusnya berurusan dengan keimanan pribadi seseorang dijadikan barang dagangan disetiap tahun politik.

Banyak sekali kasus yang bisa kita amati bersama terkait agama yang dihubungkan ke urusan politik. Bahkan agama yang seharusnya jadi rujukan kebaikan, malah dijadikan alat untuk melahirkan kebencian kepada yang berbeda pilihan politik. Ini sangat dangkal, picik dan kekanak-kanakan.

Kalau memang agama dibuat untuk jadikan orang pembenci dan pembunuh untuk apa agama disebar luaskan? Padahal agama tidak pernah menyarankan berbuat dosa, melainlan mengajak setiap pemeluknya untul berbuat baik kepada sesama manusia. 

Mari kita sama-sama melakukan refleksi dalam. Agar melepas seluruh egoisme individu dan kelompok demi menyelamatkan bangsa kita, dari para makelar politik, yang telah menyulut api perpecahan dalam setiap ajang demokarasi kita. 

(Adam Nusantara)



Comments